Perkembangan
dunia digital dan internet telah membuat dunia terbagi menjadi dua
bagian, yaitu offline dan online. Para stakeholder kini tidak lagi hanya
hidup di dunia offline, namun mereka juga banyak menghabiskan waktu
mereka di dunia online. Artinya, apa yang Anda lakukan atau Anda
komunikasikan di dunia offline harus Anda lakukan juga di dunia online.
Nah, untuk kebutuhan Public Relation, media online yang cocok untuk digunakan adalah BLOG.
Lalu, apa kelebihan menggunakan blog sebagai media PR dibandingkan dengan media lainnya?
1. Blog untuk PR itu Murah dan Mudah
Dibandingkan
dengan mengadakan Press Release di media elektronik, tentu saja
penyampaian informasi perusahaan lewat blog relatif gratis (kecuali Anda
membayar orang melakukannya) dan mudah.
Ada
banyak sekali platform blog yang gratis, misalnya WordPress dan Blogger
(untuk corporate saya lebih menyarankan WordPress) dimana setup-nya pun
sangat mudah dan cepat. Itulah sebabnya banyak perusahaan kecil dan
menengah yang menggunakan blog untuk tujuan Public Relation.
Dengan memiliki blog, artinya Anda memiliki "channel PRĂ¢€ Anda sendiri untuk perusahaan Anda.
2. Peluang Untuk Muncul di Search Engine
Jika
stakeholder Anda adalah orang-orang yang familiar dan sering
menggunakan internet, maka bisa dipastikan mereka memiliki behavior
yaitu mencari informasi melalui search engine seperti Google.
Nah,
dengan melakukan blogging sebagai strategi PR Anda, maka informasi yang
Anda posting di blog Anda tersebut memiliki peluang untuk muncul di
halaman 1 Search Engine (jika blog Anda dioptimasi dengan baik).
Sehingga,
ketika ada calon customer potensial yang mencari informasi seputar
produk dan isu-isu perusahaan Anda, mereka dapat segera menemukannya di
halaman 1 search engine. Pastikan mereka mendapatkan informasi seputar
perusahaan Anda langsung dari blog Anda, bukan dari sumber lain.
3. Kemudahan Stakeholder untuk Berinteraksi
Jika
(misal) Anda mengadakan press release dengan mengundang wartawan media
cetak ataupun televisi untuk keperluan PR, maka biasanya interaksi atau
feedback yang muncul sangat terbatas (biasanya feedback hanya datang
dari wartawan) , dan sulit bagi customer ataupun stakeholder Anda untuk
bisa berinteraksi langsung dengan perusahaan Anda.
Namun,
melalui blog, siapapun dapat langsung memberikan feedback berupa
komentar ataupun pertanyaan seputar topik PR yang Anda sampaikan. Hal
ini bisa menciptakan interaksi langsung antara perusahaan Anda dengan
stakeholder dan interaksi tidak hanya dibatasi kepada pihak tertentu
saja.
Tentu
saja masih ada banyak manfaat-manfaat lainnya menggunakan blog untuk
kebutuhan Public Relation. Intinya adalah, pemanfaatan media online
sebagai tool yang membantu berbagai aktifitas perusahaan Anda (mulai
dari marketing hingga PR) merupakan poin penting jika Anda tidak ingin
ketinggalan oleh pesaing-pesaing Anda. segera miliki ebook Seo disini http://improperti.com/
No comments:
Post a Comment